Menjaga Alam, Menjaga Hutan, dan Menjamin Masa Depan di Balikpapan

By | April 26, 2017

Indonesia pernah dinobatkan sebagai negara dengan luas hutan terbesar di dunia. Namun sayangnya, itu merupakan sebuah prestasi yang kini tak bisa terulang kembali. Kondisi hutan yang semakin rusak karena pembukaan lahan untuk wilayah pertanian, bencana alam, dan faktor-faktor lain telah melucuti kekayaan alam Indonesia. Bahkan, kini Indonesia hanya duduk di posisi ketiga jika berbicara mengenai luas hutan di sebuah negara.

Ya, tak bisa dipungkiri bahwa melesatnya pertumbuhan manusia mendesak tergerusnya wilayah hutan di negara kita. Beruntung bagi masyarakat Balikpapan, kita masih memiliki kawasan hutan yang tak hanya popular di mata wisatawan, tetapi juga masih asri dan alami. Meski secara umum, hutan di Pulau Kalimantan sudah mulai tereksploitasi untuk pertambangan, namun Kalimantan Timur dan Balikpapan pada khususnya, masih jauh lebih beruntung dibandingkan dengan wilayah lain di pulau ini.

Balikpapan masih memiliki 4 hutan, dimana 2 diantaranya merupakan hutan kota dan 1 hutan mangrove. Belum lagi wilayah hutan yang belum terjamah di Kalimantan Timur yang masih luas. Kawasan alam yang asri ini pun dijejali dengan Flora dan Fauna endemik dari Kalimantan. Satu lagi bahwa sebagai warga Balikpapan, kita harus bangga dengan keanekaragaman dan kekayaan alamnya. Wajar jika Balikpapan disebut sebagai inspirasi 60 tahun Astra karena memiliki kawasan hutan yang masih asri.

Gerakan Menanam Pohon Go Green with Astra

Astra sebagai perusahaan multi-nasional yang bergerak di beberapa bidan menunjukkan keseriusannya dalam melestarikan lingkungan dan alam di Indonesia. Jajaran manajemen Astra percaya bahwa jika Sumber Daya Alam yang melimpah dikelola secara benar maka dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia secara bersamaan.
Tak heran jika Astra pun gencar menyerukan Go Green lewat berbagai program, seperti penanaman bibit pohon, pembuatan taman kota dan gerakan yang berkaitan dengan kelestarian alam. Program tersebut terangkum dalam SATU Indonesia, yang merupakan singkatan dari Semangat Astra Terpadu Untuk Indonesia.

Program tersebut merupakan wujud dari Visi Astra yang ingin menjadi sebuah perusahaan yang memiliki tanggung jawab sosial dan juga ramah lingkungan.

Sama halnya dengan kota Balikpapan yang masih berupaya dalam melestarikan kekayaan alam yang dimilikinya. Hutan hijau nan tumbuh subur di Kalimantan Timur memberikan inspirasi bagi kita bahwa meski kini Indonesia tak lagi di urutan pertama, namun kita masih memiliki waktu untuk menyelamatkan hutan untuk masa depan anak cucu kita.

Kita bisa berpartisipasi melalui program Adopsi Pohon Astra atau turut serta dalam mewujudkan slogan Go Green. Atau setidaknya, menjaga lingkungan tempat tinggal kita tetap bersih menjadi cara paling mudah yang bisa kita lakukan untuk menebar inspirasi bagi seluruh warga kota Balikpapan dalam melestarikan alam.

  • Sumber rujukan:
    http://satu-indonesia.com/home/artikel/detail/30/serukan-gerakan-cinta-lingkungan,-astra-mengajak-masyarakat-stop-nyampah-di-kali
  • http://www.jotravelguide.com/balikpapan/hutan_wisata_balikpapan.php

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *