Manfaat Puzzle Mainan Anak 1 Tahun

By | October 13, 2016

Di jaman sekarang, anak-anak cenderung menyukai aneka permainan modern, seperti video game atau mainan yang ada pada gadget canggih. Padahal sebenarnya, ada begitu banyak permainan sederhana yang tak kalah serunya sekaligus bermanfaat bagi tumbuh kembang sang anak. Salah satu mainan sederhana yang memiliki sifat edukatif dan bermanfaat bagi perkembangan anak yaitu puzzle.

Diantara rupa rupa mainan anak 1 tahun, jenis mainan ini membutuhkan ketekunan dan kesabaran anak untuk menyelesaikannya. Mereka yang terbiasa bermain puzzle lama kelamaan akan memiliki mental anak yang baik, yaitu penuh ketenangan, ketekunan serta kesabaran dalam menghadapi suatu permasalahan. Bahkan mainan puzzle ini sudah dapat diperkenalkan pada anak saat masih berusia 10 bulan. Dan agar anak tertarik dengan mainan ini, sebaiknya berikan puzzle dengan gambar dan warna yang mencolok.

Beberapa manfaat bermain puzzle bagi tumbuh kembang anak diantaranya :

  • Melatih anak untuk memecahkan masalah. Secara tak langsung permainan ini akan melatih anak untuk berpikir dan mengambil keputusan dalam menyelesaikan suatu masalah.
  • Melatih kesabaran. Menggabungkan keping demi keping puzzle hingga tersusun rapi membentuk gambar utuh membutuhkan kesabaran yang tentunya akan berdampak positif bagi anak, yaitu mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang tenang dan tekun dalam memecahkan masalah dan mencapai suatu tujuan.
  • Melatih koordinasi mata dan tangan. Mainan anak 1 tahun berupa puzzle ini berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan koordinasi yang sinkron antara gerak mata dan tangan anak saat menyusun kepingan-kepingannya.
  • Meningkatkan keterampilan berpikir (kognitif). Permainan ini bsa menjadi dasar dalam melatih kemampuan berpikir anak sekaligus sebagai sarana untuk mengenalkan huruf dan angka pada anak.
  • Meningkatkan kemampuan motorik anak. Puzzle akan melatih anak untuk mengontrol setiap gerakan dan tindakannya. Kemampuan motorik yang terlatih tentu akan bermanfaat dalam melakukan hal-hal dasar, seperti belajar menulis dan membaca.

Meski terlihat sepele, puzzle ternyata banyak manfaatnya. Maka, daripada memberikan permainan yang tidak mendidik, lebih baik mengenalkan permainan puzzle ini pada anak sejak usia dini, yaitu sebelum mereka mengenal mainan lain yang lebih canggih dan modern.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *