Kampung Berseri Astra, Program Untuk Sejahterakan Bangsa

By | December 5, 2018

Kampung Berseri Astra ialah program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra. Implementasinya dilakukan pada masyarakat dengan mengusung konsep pengembangan dan mengintegrasikan empat pilar program, di antaranya Kewirausahaan, Lingkungan, Pendidikan serta Kesehatan. Melalui program ini, baik masyarakat maupun perusahaan bisa berkolaborasi dalam mewujudkan wilayah bersih, cerdas, sehat serta produktif. Hal ini tentunya akan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Penentuan serta pemilihan calon Kampung Berseri Astra akan dilakukan melalui serangkaian tahapan khusus sehingga proses maupun hasilnya kelak akan sama-sama bisa maksimal. Terdapat total lima kategori Kampung Berseri Astra yaitu Kampung Wisata, Kampung Budaya, Kampung Cyber, Kampung Hijau serta Kampung Produktif.

 

Kampung Wisata secara khusus menawarkan suasana keaslian kampung, mulai dari kehidupan sosial budaya, sosial ekonomi, hingga adat istiadat dalam kesehariannya. Kampung Wisata biasanya akan menjadi daya tarik utama bagi pengunjung untuk melihat langsung kehidupan sehari-hari masyarakatnya yang masih sangat kental akan budaya asli daerah tersebut. Kampung Hijau ialah perkampungan dengan lingkungan hijau yang sehat serta asri. Kampung ini juga turut menerapkan program pelestarian dengan fungsi lingkungan di komponen biotik dan abiotik maupun komponen sosial ekonomi, kesehatan serta pendidikan budaya masyarakat. Ada lagi Kampung Produktif yang memiliki konsep mandiri dan bisa jadi pusat pembelajaran guna memenuhi kebutuhan sendiri. Kegiatan-kegiatan produktif serta meningkatkan kualitas hidup akan dijalankan di bidang pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan maupun lingkungan.

 

Kampung Cyber ialah konsep kampung modern yang memanfaatkan perkembangan teknologi terutama di bidang informasi. Pemanfaatan teknologi ini dilakukan di tiap komponen kehidupan pada kampung tersebut, mulai dari administrasi kampung, ekonomi, interaksi sosial hingga budaya dan pendidikan. Terakhir, ada Kampung Budaya yang memiliki potensi adat, kesenian, tradisi, arsitektur, kerajinan maupun tata ruang yang nyata ditampilkan sehari-hari. Masyarakatnya juga masih berusaha untuk mempertahankan keaslian adat istiadat setempat tersebut di samping terus melestarikan serta mengembangkannya. Itulah kelima kategori Kampung Berseri Astra yang menjadi bagian dari usaha dalam mensejahterakan masyarakat Indonesia melalui pengembangan kampung melalui empat pilar.

 

Salah satu contoh Kampung Berseri Astra (KBA) adalah di pulau Pramuka, dimana disana ada pengelolaan sampah mandiri yang di gerakkan oleh ibu Mahariah. Dengan kegigihannya ibu Mahariah mengajak warga untuk mengelola sampah agar menjadi pupuk kompos yang bisa dimanfaatkan untuk bercocok tanam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *