Fungsi dari Panel Listrik ATS/AMF

By | October 29, 2016

Terdapat banyak jenis panel listrik  yang bisa dipilih untuk menunjang kebutuhan listrik entah itu kebutuhan rumahan, kantor, gedung dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis panel listrik tersebut akan dibahas mengenai panel listrik jenis ATS/AMF. Apa itu panel ATS/AMF? ATS sendiri merupakan singkatan dari Automatic Transfer Switch atau sama artinya dengan sakelar namun berjalan secara otomatis. Panel listrik ATS/AMF akan bekerja secara otomatis berdasarkan dari kemungkinan sewaktu-waktu sumber listrik utama dari PLN terputus atau biasa dikenal dengan peadaman listrik. Jika terjadi atau mengalami keadaan tersebut, maka sakelar ini akan berpindah secara otomatis ke sumber lainya yang tersedia misalkan saja genset. Sehingga listrik akan tetap bertahan menyala. Jika pemadaman listrik dari PLN sudah selesai atau menyala lagi, maka sakelar akan berpindah kembali kepada sumber listrik utama yang berasal dari PLN.

panel-listrik-4-390x390
Berbicara mengenai panel listrik ATS/AMF, pada paragraph diatas sudah dijelaskan mengenai singkatan serta fungsi dari panel ATS. Nah sekarang beralih mebahas mengenai panel AMF. Sebelum lebih lanjut, AMF yang merupakan singkatan dari Automatic Main Failure yang merupakan panel yangberfungsi sebagai tombol on (nyala) off (mati) pada mesin genset sebagai sumber listrik yang dijadikan alternative jika sewaktu-waktu sumber utama listrik yang berasal dari PLN terputus mati saat terjadi pemadaman. Dalam kata lain jika terjadi pemadaman oleh PLN, AMF akan segera menggantikan suplai listrik utama ke alternative sumber listrik yaitu genset. Jika listrik utama menyala maka dengan otomatis AMF akan mematikan mesin genset dan suplai listrik utama akan berjalan seperti semula.
Kedua panel ATS dan AMF tersebut dapat dipasang dan dirancang dalam satu kesatuan panel. Dengan memasang kedua panel tersebut justru akan membuat lebih hemat biaya. Hal ini lah yang membuat panel ini disebut dengan panel listrik ATS/AMF. Tentunya bisa juga hanya dengan memasang salah satu saja dari kedua panel listrik tersebut namun alangkah baiknya jika langsung saja memasang dua-duanya. Toh, tak rugi juga jika memasang kedua panel secara bersamaan dalam satu panel listrik, malah akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *